Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Keadaan Cuaca Panas

Keadaan Cuaca Panas

Salah satu cuaca yang terjadi di negara kita adalah cuaca panas. Cuaca panas adalah keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya dengan terik. Cuaca panas ditandai dengan berbagai keadaan atau kondisi. Udara akan terasa panas dan terasa membakar kulit. 

Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat. Pakaian dengan warna putih sangat disarankan digunakan saat cuaca panas. Sedangkan cuaca dingin disarankan menggunakan pakaian tebal dan berwarna gelap.

Di saat panas, angin bertiup kencang dan banyak debu bertebaran. Faktor yang menyababkan udara panas tersebut yaitu cahaya matahari yang terlalu terik atau menyengat. 

Saat tengah hari, sinar matahari jauh tegak lurus ke bumi sehingga terasa panas yang begitu menyengat. Ketinggian juga menyebabkan udara di suatu daerah terasa panas. Makin tinggi suatu tempat, maka suhu udaranya akan semakin rendah atau sejuk. Oleh karena itu, suhu di daerah pantai terasa panas, sedangkan di pegunungan terasa dingin.

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan 3 pakaian yang cocok digunakan saat cuaca panas!

2. Sebutkan 3 pakaian yang cocok digunakan saat cuaca dingin!

3. Mengapa di daerah gunung cuaca lebih dingi daripada di pantai?

4. Apa yang kamu ketahui tentang BMKG?

5. Apa alat yang digunakan untuk mengukur suhu?

Sumber: 

    Buku Siswa Kelas 3 K13

    www.brainly.co.id

Sumber gambar:

    www.kompasiana.com


Posting Komentar

0 Komentar