I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gaya dan Gerak

Saat berolahraga kita melakukan gaya. Apa yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah gerakan menarik atau mendorong yang menyebabkan benda bergerak.

Sumber: rumushitung.com


A.   Pengaruh gaya terhadap benda, sebagai berikut:

1.       Gaya menyebabkan benda diam bergerak.

Contoh: kelereng yang awalnya diam dan dapat bergerak setelah disentil, meja yang awalnya diam dapat berpindah tempat setelah didorong dan sebagainya.

2.       Gaya menyebabkan benda bergerak diam

Contoh: bola yang melaju kencang akan diam setelah ditangkap oleh kiper (penjaga gawang).

3.       Gaya dapat menyebabkan benda berubah arah.

Contoh: bola pingpong atau bola kasti yang dilempar ke arah tembok akan berubah arah setelah membentur tembok.

4.       Gaya dapat menyebabkan benda bergerak lebih cepat

Contoh: Mobil atau motor yang bergerak lambat akan bertambah kecepatannya setelah digas oleh pengemudinya.

5.       Gaya dapat mengubah bentuk benda

Contoh: kaleng minuman yang kosong akan penyok setelah diinjak dengan keras, plastisin berubah bentuk jika ditekan.

 

Sumber: muttaqin.id

B.    Macam-macam Gaya

1.       Gaya otot Gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh kita. Gaya otot sering dilakukan pa da saat kita menarik dan mendorong barang, mengangkat barang, ataupun saat kita berolahraga.

2.       Gaya pegas Gaya pegas merupakan kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang diregangkan. Saat Anda memanah, karet akan melontarkan anak panah setelah karet yang Anda tarik dilepas.

3.       Gaya listrik statis Gaya listrik statis adalah kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik untuk menarik benda di sekitarnya. Kita bisa mencoba membuktikan adanya gaya listrik dengan melakukan percobaan. Cobalah anda gosokan penggaris plastik pada rambut anda secara berulang-ulang. Selanjutnya dekatkan penggaris tersebut ke potongan kertas, maka kertas akan menempel ke penggaris tersebut.

4.       Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh magnet. Hanya benda yang mengandung unsur besi atau baja yang akan menempel ke magnet. Benda yang terbuat dari plastik atau kertas tidak akan tertarik dan menempel ke magnet.

5.       Gaya gravitasi Gaya gravitasi, disebut juga gaya tarik adalah kekuatan bumi untuk menarik benda ke bawah. Jika kita melemparkan bola ke atas, maka bola akan jatuh ke bawah. Demikian juga buah yang ada di pohon, jika rontok akan jatuh ke bawah.

6.       Gaya gesek Gaya gesek timbul karena gesekan dua benda. Misalnya saat berlari, sepatu akan bergesekan dengan jalan, sehingga kita akan berlari dengan aman.

Rangkuman

Gaya adalah gerakan menarik atau mendorong yang menyebabkan benda bergerak. ● Gerak adalah perpindahan posisi benda dari tempat asalnya karena adanya gaya. ● Gaya dapat menyebabkan benda bergerak dan berhenti. Gaya juga bisa berubah arah, dan berubah bentuk. ● Ada bermacam-macam gaya yaitu gaya otot, gaya pegas, gaya listrik statis, gaya magnet, gaya gravitasi, gaya gesek. ● Gaya gesek dapat diperbesar atau diperkecil sesuai kebutuhan. Gaya gesek bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, namun gaya gesek juga merugikan. ● Dalam kehidupan sehari-hari banyak aktivitas yang kita lakukan terkait dengan gaya baik disengaja ataupun tidak disengaja. Misalnya: saat kita berolahraga, membuka dan menutup pintu, bersepeda, memindahkan benda, dan mengangkat benda.


Uji Kompetensi 1

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas!

 1. Apakah yang dimaksud dengan gaya?

 2. Jelaskan macam-macam gaya yang Anda ketahui!

3. Sebutkan 3 pengaruh gaya terhadap suatu benda!

4. Sebutkan 3 contoh gaya mengubah bentuk suatu benda dalam kehidupan sehari-hari!

5. Apa yang terjadi bila bola menggelinding kemudian ditendang?

6. Bagaimana gaya gesek dapat terjadi?

7. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui gaya gesek dalam kegiatan yang kita lakukan. Sebutkan contoh bagaimana cara memperbesar gaya gesek?

8. Apakah yang dimaksud dengan gerak?

9. Apa yang akan terjadi bila benda tidak mendapat gaya?

10. Apa yang akan terjadi jika suatu benda terkena gaya gravitasi?

 

Posting Komentar

0 Komentar