Guber News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Bacaan Cita-cita Kelas 4 Tema 6 Subtema 3

Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik Indonesia untuk Ajang Internasional

Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambil mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya tidak dipenuhi ibunya. Sang anak sangat ingin memiliki harmonika mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya agar dia segera berhenti menangis. 

Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di rumah setiap hari. Tidak hanya itu, anak tersebut akan sangat serius menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi. 

Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi. Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika Serikat.

Canho sebentar lagi akan berlaga di Kejuaraan Dunia Seni Pertunjukan atau “World Championship Perfoming Arts (WCOPA) 2016” di Long Beach, California, AS, 7-19 Juli 2016. Pada Rabu (29/6/2016), bocah bernama lengkap Yohanes De Capestrano Jambru Pasirua itu menggebrak Jakarta. Cancho mempertontonkan kebolehannya dalam memainkan komposisi karya para pemusik klasik dunia di Musro, Hotel Borobudur, Jakarta.

Kerjakan soal-soal di bawah ini!

1. Siapak Canho Pasirua?

2. Bakat apa yang dimiliki Canho Pasirua?

3. Bagaimana usaha dalam meraih cita-citanya?

4. Prestasi apa yang pernah diraih Canho?

5. Apa cita-citamu? Bagaimana kamu mewujudkannya?


Sumber:

    Buku Siswa Kelas 4 K13    

    www.youtube.com

    www.nasional.kompas.com

Posting Komentar

0 Komentar