Tata Surya

Tata surya adalah sistem antariksa yang saling terikat gravitasi dimana terdapat matahari dan benda-benda langit yang mengitarinya secara langsung maupun tidak langsung. Dari sekian banyak benda langit yang mengitari matahari secara langsung, terdapat benda langit yang paling besar yang dinamakan dengan planet.

Ada delapan planet besar yang mengitari matahari dengan lebih dari 160 buah bulan yang sudah diketahui, 5 atau lebih planet katai (dwarf planet), serta jutaan asteroid dan komet.



Planet-planet tidak mengorbit matahari dalam orbit berbentuk lingkaran, tetapi dalam bentuk elips. Pergerakan planet satu kali mengitari matahari dinamakan satu kali orbit atau revolusi. Panjang orbit dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu revolusi semakin bertambah dengan bertambahnya jarak planet dari matahari. Planet-planet ini terbagi menjadi dua kelompok: planet dalam dan planet luar yang dipisahkan oleh Sabuk Asteroid, yang mengandung jutaan batuan ruang angkasa. Dibawah ini merupakan susunan planet-planet pada sistem tata surya.

Planet-planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari yakni Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars dikenal sebagai plane-planet dalam.

  • Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Merkurius memiliki orbit yang paling pendek dan paling cepat mengelilingi matahari.
  • Venus hampir sama ukurannya dengan bumi. Planet ini memiliki temperatur permukaan paling panas dibandingkan dengan semua planet lainnya.
  • Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki air dalam bentuk cair dan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan.
  • Mars lebih dingin daripada Bumi. semakin jauh suatu planet dari matahari, semakin dingin planet tersebut.
Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus adalah planet-planet luar. Ukuran raksasa-raksasa ini jauh lebih besar daripada planet-planet dalam dan sebagian besar tersusun atas gas dan cairan serta tidak memiliki permukaan yang padat. Dulu Pluto dianggap sebagai planet luar, tetapi kemudian dianggap sebagai anggota Sabuk Kuiper, dan pada tahun 2006 para astronom memutuskan bhwa Pluto dikategorikan sebagai planet katai.

  • Jupiter adalah planet yang paling besar dan paling masif, serta berputar paling cepat dibandingkan planet lainnya.
  • Saturnus merupakan planet yang memiliki sistim cincin paling besar dan luas. Cincin tersebut dibentuk oleh milyaran batuan beku yang mengitari Saturnus.
  • Uranus merupakan planet yang juga memiliki cincin tapi tidak sebesar saturnus. Uranus mengorbit matahari yang memiliki sisi kemiringan planet sebesar 98o.
  • Neptunus merupakan planet terkecil diantara keempat planet-planet luar dan berwarna biru karena terbentuk dari gas metana.
Tugas!

1. Buatlah gambar tata surya kita/galaksi bimasakti di buku gambar! (Ketentuan gambar: gambar terdiri dari matahari dan 8 planet, diberi keterangan, dan diwarnai)

Sumber

2. okezone techno

Belum ada Komentar untuk "Tata Surya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel