Wedang Jahe untuk Asam Urat!

 www.guruberwawasan.com- Asam urat terjadi karena mengonsumsi makanan mengandung purin dalam jumlah berlebihan, sehingga ginjal tidak bisa menyaring makanan dengan sempurna. Dampaknya terjadi penumpukan asam urat dan mengkristal di berbagai sendi tubuh.

Makanan yang mengandung purin seperti jeroan, daging (kambing, sapi, babi), minuman beralkohol, beberapa seafood(kerang, udang, ikan kembung).

Umumnya asam urat terjadi di bagian kaki, tetapi tidak memungkiri bagian sendi tubuh lain juga dapat mengalami asam urat. Sendi yang terkena akan mengalami pembengkakan, berwarna merah, lunak saat disentuh dan terasa hangat. Biasanya asam urat ini akan berlangsung sampai sepuluh hari.


Wedang Jahe Anget solusi pereda asam urat!

Salah satu penelitian yang kami ambil dari jurnal.umi.ac.id  berkesimpulan bahwa jahe merah dapat menjadi pereda rasa sakit asam urat. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan terhadap hewan uji kelinci jantan 15 ekor dengan dibagi menjadi 3 kelompok dengan perlakuan berbeda.

Selain itu penelitian dari jurnal saintika berkesimpulan jahe merah dapat meredakan rasa sakit asam urat. Hal ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan terhadap penderita asam urat di wilayah Kerja Puskesmas Salido Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2018.

Dari penelitian di atas tidak bisa kita jadikan patokan bahwa jahe dapat sepenuhnya mengurangi rasa sakit asam urat, ini karena penelitian masih bersifat awal. Artinya masih harus ada penelitian lanjutan yang lebih luas jangkauan pengujian dan kedalaman kandungan jahe merah.

Meski begitu tidak salah jka Anda ingin mengonsumsi jahe untuk meredakan rasa sakit asam urat. Dalam hal ini, Anda dapat mengonsumsi wedang jahe merah sebanyak 1-2 gelas sehari.Jika dengan ini bisa meredakan asam urat, bisa diteruskan. Namun jika tidak memberikan efek positif silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter.  

Belum ada Komentar untuk "Wedang Jahe untuk Asam Urat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel