Perbedaan Pamflet, Leaflet, Poster, dan Baliho

Apakah anak-anak pernah mlihat kertas besar tertempel di pinggir jalan dengan gambar dan tulisan aneka ragam? Apakah itu? Atau mendapat selebaran promosi produk? Yah, dalam kehidupan sehari-hari memang kita sering menjumpai hal-hal tersebut. Entah di jalan, tempat umum, ataupun pemberian orang tak dikenal. Itulah yang dinamakan pamflet, leaflet, poster, dan baliho. 

Berikut penjelasannya sebagai berikut.

1. Pamflet
img: jateng.tribunnews.com

Pamflet adalah sebuah lembaran yang memuat informasi yang akan disampaikan oleh si pembuat. Pamflet biasa berukuran A4 (21cm x 29,7cm) atau A3 (29,7cm x 42cm) kemudian ditempel di tempat-tempat umum yang bisa dilihat umum. Tujuan pamflet adalah memberi informasi, ajakan kebaikan, dan promosi produk. 

2. Leaflet
img: romadecade.org

Leaflet sebuah lembaran yang dirancang untul dilipat-lipat dan memuat informasi. Leaflet umumnya berukuran sama dengan pamflet. Leaflet tidak ditempel dan memuat informasi di kedua sisi (bolak balik). Tujuan leaflet adalaah memberi informasi profil perusahaan, lembaga, dll, dan promosi produk.

3. Poster
img:bengkuluexpress.com

Poster adalah karya desain grafis memuat gambar dan tulisan memuat informasi tertentu. Poster dicetak 2x atau 4x lebih besar dari pamflet. Poster biasa ditempel di tempat-tempat umum. Tujuan poster adalah memberi informasi/ pengumuman, dan promosi produk.

4. Baliho 
img: tokoreklame.id

Baliho adalah karya desain grafis berukuran super besar yang ditempat di tempat-tempat umum. Diletakkan ditempel di papan reklame besar agar diketahu khalayak ramai. Tujuan baliho adalah memberi informasi, promosi produk, kampanye politik, iklan layanan masyarakat, dll.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Pamflet, Leaflet, Poster, dan Baliho"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel