Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di Indonesia

Jenis-Jenis Usaha Perekonomian

Apa yang diamksud dengan kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut macam-macam jenis usaha ekonomi di Indonesia.

1. Agraris
img: balipos.com

Indonesia disebut sebagai negara Agraris. Sebutan ini disebabkan karena banyak penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Usaha agraris meliputi pertanian dan perkebunan. Sektor usaha agraris terletak di daera pedesaan dan pegunungan. Hasil sektor agraris diantaranya:
    a. Pertanian: padi, jagung, ubi, kedelai, sayuran, buah-buahan.
    b. Perkebunan: tebu, tembakau, kopi, teh, karet, dll.

2. Peternakan
img: investor.id

Peternakan adalah kegiatan usaha budi daya hewan yang diambil hasilnya. Hasil peternakan terdiri atas daging, telur, susu, kulit, dan bulu. Jenis peternakan dapat dibedakan sebagai berikut:
    a. Peternakan hewan kecil, misalnya kelinci, kambing, domba, dan bir-biri.
    b. Peternakan hewan besar, misalnya sapi, kerbau, dan kuda.
    c. Peternakan unggas, misalnya ayam, itik, burung, dan puyuh

3. Perikanan
img: greenes.co

Perikanan dibagi menjadi perikanan darat dan perikanan laut. 
    a. Perikanan darat, yaitu usaha memiara dan menangkap ikan di perairan darat. Perikanan darat dibagi 2 yaitu perikananair tawar dan perikanan air payau. Perikanan air tawar dilakukan di sungai, danau, rawa,     waduk, sawah, kolam. Jenis ikan yang dibudidayakan adalah lele, nila, mujahir, guramih, dan mas. Perikanan air payau dilakukan di tambak pinggir pantai. Jenis ikan dibudidayakan adalah bandeng.
    b. Perikanan laut, yaitu usaha menangkap ikan di pantai atau laut. Di Indonesia, usaha penangkapan ikan di laut dilakukan nelayan tradisional. Hasil tangkapan laut diantaranya udang, kerang, rumput laut,     mutiara, garam, berbagai jenis ikan laut. 

4. Pertambangan
img: portonews.com

Dilihat dari kondisi geografis Indonesia memiliki potensi tambang yang sangat kaya. Barang tambang dibedakan sebagai berikut:
    a. Barang tambang mineral logam, misal emas, perak, tembaga, timah, bauksit, nikel.
    b. Barang tambang mineral nonlogam, misal belerang, gypsum, marmer, gamping.
    c. Barang tambang sumber energi, misal minyak bumi, batu bara, gas alam.
Pemanfaatan barang tambang harus dilakukan secara bijak. Hal ini didasari ketersediaan yang akan cepat habis jika digunakan secara banyak dan terus menerus. Contoh perusahaan di Indonesia yang mengekploitasi barang tambang adalah PT. Pertamina, PT. Aneka Tambnang, PT. Freeport Indonesia, PT. Chevron Pasific Indonesia.

5. Kehutanan
img: suarasurabaya.net

Hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia. Hutan juga berfungsi sebagai tempat tinggal hewan dan tumbuhan. Dari segi lingkungan, hutan berfungsi sebagai daerah resapan air hujan. Sayangnya kawasan hutan di Indonesia kini kian sedikit. Terjadi penambangan dan perluasan lahan besar-besaran.

Apa akibatnya jika hutan semakin sedikit? Kondisi ini dapat menimbulkan bencana banjir, ataupun tanah longsor.

Hasil hutan antara lain kayu jati, meranti, ulin damar, dan rotan.

6. Perdagangan
img: mediaindonesia.com

Perdagangan adalah kegiatan jual beli barang yang dilakukan oleh pembeli dan penjual. Kegiatan perdagangan muncul karena karena adanya kebutuhan hidup manusia. Secara ekonomi, kegiatan perdagangan dapat dilakukan antarnegara yaitu ekspor dan impor. Ekspor adalah usaha menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri. Impor adalah usaha memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.

7. Perindustrian
img: bisnis.tempo.co

Perindustrian adalah kegiatan mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau jadi. Usaha perindustrian dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok. Usaha industri dapat dikelompokkan menjadi industri rumah tangga, industri sedang, industri besar. Contoh Industri di Indonesia adalah industri makanan minuman, kosmetik, obat-obatan, elektronik.

Materi Selanjutnya: https://bit.ly/3giKwCk
Latihan Soal: https://bit.ly/32is73P

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel