Gangguan Pernapasan

A. Faktor Gangguan Pernapasan

Pernahkah anak-anak merasa sesak napas? Apa saja penyebab gangguan pernapasan? Berikut faktor-faktor penyebab gangguan pernapasan.

1. Faktor Fisik


img:buku kelas 5 tema 2 k13

Adanya kelainan pada organ pernapasan dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh bayi lahir prematur (memerlukan alat bantu pernapasan),cacat, keturunan, kecelakaan (timbul kecacatan pada organ pernapasan).

2. Faktor Penyakit

img:buku kelas 5 tema 2 k13

Beberapa penyakit yang menyebabkan gangguan pernapasan adalah influenza (flu), asma, bronkitis, emfisema (sesak napas), kanker paru-paru.

3. Faktor Lingkungan

img:buku kelas 5 tema 2 k13

Kita bernapas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Udara tercemar dapat menyebabkan oksigen menipis dan membuat kita sesak untuk bernapas. Penyebab udara tercemar adalah lingkungan kotor (banyak sampah), asap kendaraan, asap pabrik, asap kebakaran, dan asap rokok.


B. Cara Mencegah Gangguan Pernapasan

Berikut beberapa cara mencegah gangguan pernapasan.

1. Olahraga

img:buku baladena.id

Olahraga secara rutin dapat membuat tubuh selalu sehat dan kuat sehingga menghindarkan diri dari penyakit gangguan pernapasan.

2. Makanan Bergizi 

img:buku bsd.pendidikan.id

Makan makanan bergizi dapat membuat sistem kekebalan pada tubuh sehingga terhindar dari penyakit pernapasan.

3. Tidak Merokok

img:buku freepik.com

Merokok dapat merusak organ pernapasan seperti paru-paru. Selain baik untuk diri sendiri juga baik untuk keluarga, teman, dan masyarakat karena tidak menjadi sebab orang terkena gangguan pernapasan.

4. Meminimalkan penggunaan kendaraan bermotor

img:buku bobo.grid.if

Penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan dan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan polusi udara. Hal ini dapar mengganggu pernapasan. Oleh karena itu penimimalisir kendaraan bermotor dapat meminimalkan polusi udara. 

5. Membuat rumah sebagai area asri

img:buku fellasari.wordpress.com

Membuat rumah sebagai tempat yang sejuk dan jauh dari polusi udara. Ini bisa diwujudkan dengan penanaman tanaman, dan membuat rumah sebagai tempat dilarang merokok. 



Belum ada Komentar untuk "Gangguan Pernapasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel